Kamis, 26 April 2018

Penyakit Kelamin Pria dan Wanita



Berikut beberapa jenis penyakit kelamin pada pria yang  tentunya dapat  mengancam kondisi  kesehatan dan  kekuatan pada penis pria ,adalah sbb :

• Disfungsi Ereksi
Disfungsi ereksi, yang populer disebut dengan impotensi, adalah jenis penyakit kelamin pria berupa gangguan di mana seorang pria tidak mampu mempertahankan ereksi penis sehingga tidak mampu mempertahankan hubungan seksual yang normal. Jenis penyakit kelamin ini dapat memiliki banyak penyebab, organik atau psikologis yang dipicu oleh konsumsi tembakau, alkohol, kolesterol tinggi, obat-obatan tertentu, hipertensi dan diabetes mellitus. Penanganan dan pengobatan disfungsi ereksi tergantung pada penyebabnya.
• Klamidia
Jenis penyakit kelamin pria yang disebut klamidia ini menyebabkan peradangan pada epididimis dan testis, dimana kalamida dapat menjadi  penghalang yang mencegah lewatnya sperma. Setelah terkena infeksi jenis penyakit kelamin ini, pengobatannya dapat dilakukan dengan memberikan  antibiotik
• Penyakit Menular Seksual
Banyak konsekuensi dari penyakit menular seksual yang sistemik, beberapa dari mereka meninggalkan lesi terletak di penis.Gejala dari jenis penyakit kelamin pria ini adalah berupa infeksi oleh klamidia, yang dikenal sebagai Chlamydia trachomatis yang menyebabkan uretritis (radang uretra), rasa terbakar saat buang air kecil, gatal di penis dan nyeri pada testis.
• Tumor Penis
Kanker penis tidak umum, tapi itu ada. Meskipun jarang, jenis penyakit kelamin pria ini lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Gejala pertama penyakit kelamin pria ini biasanya merah, menyakitkan dan sakit.
• Gonore
Gonore atau yang biasanya kita kenal  dengan kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, jenis penyakit kelamin pria ini ditandai dengan uretra yang berwarna  kekuningan, adanya rasa terbakar atau nyeri pada saat  buang air kecil.
• Masalah dengan Kulup
Yaitu suatu  kondisi yang dikenal sebagai phimosis terjadi ketika kulup organ kelamin laki-laki yang tidak disunat tidak dapat ditarik kembali dari kepala genital organ pria . Sementara paraphimosis terjadi ketika kulup tidak dapat kembali ke posisi normal .
• Herpes Genital
Herpes genital, jenis penyakit kelamin yang menginfeksi organ vital ini, mempengaruhi kulit dan selaput lendir penis. Gejala awal penyakit kelamin ini yaitu kulit menunjukkan peningkatan sensitivitas, kesemutan, terbakar dan rasa  nyeri. Selanjutnya, daerah menjadi kemerahan dan muncul vesikel yang berisi cairan putih kekuningan.
• Kutil Kelamin (Acuminata Kondiloma)
Tentunya  Kutil kelamin disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Penyakit menular seksual yang  sangat menular dan cara terbaik untuk melindungi mereka adalah dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks.
• Sifilis
Sifilis di masa lalu, menjadi momok hampir sebanding dengan apa yang saat ini yaitu  AIDS. Penyakit kelamin pria ini disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum , selain lesi lokal di penis dapat mempengaruhi organ-organ vital seperti jantung, pembuluh darah, otak atau sumsum tulang belakang .

Bagaimana Dengan Penyakit Kelamin Wanita ?

Nah, bagaimana dengan penyakit kelamin wanita? Adalah sangat penting bahwa perempuan harus melakukan pemeriksaan tentunya untuk menilai kesehatan mereka dan untuk mencegah terjadinya penyakit kelamin wanita.
Berikut beberapa jenis penyakit kelamin wanita yang sering terjadi diantaranya:
• Kencing nanah(gonore)
Gonore disebabkan oleh bakteri dan merupakan penyakit yang sangat menular. Bakteri dapat masuk ke dalam tubuh melalui pembukaan tubuh (vagina, mulut, rektum). Penyakit kelamin wanita ini paling sering ditularkan melalui hubungan seksual. Pada wanita, bakteri biasanya pertama menginfeksi serviks. Bakteri dapat menginfeksi tenggorokan dan rektum setelah oral seks.
Anda dapat memiliki gonore tanpa memiliki gejala yang jelas. Ketika gejala penyakit kelamin wanita ini muncul biasanya dalam waktu 2 sampai 10 hari setelah infeksi. Gejalanya antara lain adalah:
• Rasa panas atau sakit saat buang air kecil
• Sering ingin buang air kecil
• Sakit perut
• Perdarahan menstruasi abnormal
• Anus atau rektum meradang (setelah melakukan hubungan anal)
• Inflamasi Tenggorokan (setelah oral seks).
• Dispareunia
Dispareunia adalah jenis penyakit kelamin yang ditandai oleh rasa sakit kelamin selama hubungan seksual. Hal ini dapat terjadi baik pada pria dan wanita, namun lebih umum di kalangan wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan saat berhubungan seks, tetapi juga dapat terjadi sebelum dan setelah hubungan.
• Sifilis
Adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Pada pria dan wanita, 20 sampai 30 hari setelah kontak seksual, ciri-ciri penyakit kelamin wanita ini yaitu berupa luka kecil yang muncul (ulkus) di salah satu alat kelamin (penis, vagina, leher rahim, rektum).
• Trichomoniasis
Penyebab penyakit kelamin wanita ini adalah bakteri protozoa Trycomona vaginalis. Ini merupakan  penyebab  keputihan berwarna kuning, berbau busuk, dengan bau yang khas, yang dapat menyebabkan iritasi saluran kemih.
• Herpes Genital
Disebabkan oleh virus. Dalam kedua jenis kelamin muncul lepuh kecil yang pecah dan menyebabkan menyengat atau terbakar, dan menyembuhkan diri sendiri. Penularan seksual penyakit kelamin wanita ini hanya terjadi ketika gelembung pada penis, vagina atau mulut.
• Kondiloma acuminata atau jengger
Penyakit kelamin wanita ini disebabkan oleh HPV, virus yang terkait dengan kanker serviks dan kanker penis. Awalnya, hal ini ditandai dengan tahi lalat kecil di alat kelamin laki-laki dan perempuan. Pengobatan harus dilakukan bersama-sama oleh pasangan.
• Candidiasis
Candidiasis adalah jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh jamur yang dapat terjadi pada pria dan wanita. Hal ini ditandai sebagai salah satu infeksi genital yang paling umum dapat menular seksual.
• Klamidia
Saat ini dianggap sebagai penyakit menular seksual dengan insiden tertinggi di dunia, mencapai pria dan wanita pada setiap tahap kehidupan mereka. Karena mereka lahir dari ibu yang terinfeksi atau selama hubungan seksual. Pada wanita bagian yang terkena penyakit kelamin wanita ini adalah leher rahim.
• Vaginosis bakteri
Yaitu ketidakseimbangan bakteri normal bakteri vagina yang melindungi dan berpotensi sangat membahayakan. Telah terbukti bahwa merokok, memakai alat kontrasepsi, penggunaan douche atau memiliki banyak pasangan seks, dapat meningkatkan risiko infeksi. Vaginosis bakteri tidak dianggap sebagai infeksi menular seksual karena dapat terjadi pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual
Demikianlah sekilas jenis jenis penyakit kelamin yang terjadi pada pria dan wanita . Satu hal yang perlu diingat , bahwa “tentunya tindakan mencegah akan  lebih baik dari pada mengobati  bukan?“
Semoga artikel diatas dapat membantu menambah wawasan anda mengenai  penyakit kelamin pada pria dan penyakit kelamin pada wanita.

0 komentar:

Posting Komentar